Perusahaan PT. Young Won

KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang PT. Young Won Indonesia.
Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Makassar, 8 Maret 2018



Penyusun





BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Persaingan dunia usaha di negara ini semakin besar. Ratusan hingga ribuan perusahaan bertebaran di negeri ini, dengan tujuan yang hampir sama meraih keuntungan yang sebesar besarnya. Seperti yang kita ketahui usaha/bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. Sedangkan menurut arti dasarnya, bisnis memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and services(Skinner,1992).
Kebutuhan masyarakat yang tak terbatas mendorong tumbuh suburnya perusahaan yang menyediakan barang dan jasa. Beragam barang dan jasa dihasilkan perusahaan untuk memenuhi keinginan konsumen dengan kualitas yang beragam pula. Perusahaan perusahaan berlomba menghasilkan produk dengan standarisasi yang tinggi dengan harapan dapat mendongkrak penjulan dan meningkatkan pendapatan.
Dengan semua aktivitas dalam dunia usaha yang tak terbatas diharapkan roda perekonomian di negara ini dapat berjalan dengan baik, hubungan antara produsen dengan konsumen, konsumen dengan produsen seharusnya berjalan dengan baik walaupun diantaranya masih terdapat hambatan hambatan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka kami tertarik mengangkat permasalahan tersebut untuk dilakukan penelitian  dengan judul "Mengulas PT. Young Won Indonesia” sebagai sebuah perusahaan yang berkonsentrasi pada pemenuhan kebutuhan konsumen luar negeri. 

1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan judul penilitian diatas, rumusan masalah yang menjadi fokus kami adalah:
1. Sejarah PT. Young Won Indonesia
2. Visi dan misi PT. Young Won Indonesia
3. Struktur organisasi PT. Young Won Indonesia
4. Jenis produk yang di hasilkan PT. Young Won Indonesia
5. Kelebihan dan kekurangan PT. Young Won Indonesia
6. Bentuk perusahaan PT. Young Won Indonesia
7. Analisis kasus PT. Young Won Indonesia

1.3. Tujuan 
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan PT. Young Won Indonesia dalam menjalankan bisnis di Indonesia.

























BAB II
PEMBAHASAN

2.  
2.1. Sejarah PT. Young Won Indonesia
Pada bulan Agustus 2013, PT Young Won Indonesia membuka pabrik Garmen3t pertamanya yang berlokasi di Kp. Ciomas RT.009 RW.005 Ds. Karang Mukti Kec. Cipeundeuy Kab. Subang 41272 Jawa Barat - Indonesia. Selama lebih dari empat tahun, perusahaan ini telah berkembang pesat dan saat ini mempekerjakan hampir 1000 karyawan di lokasi pabrik. PT. Young Won Indonesia adalah perusahaan Kawasan Berikat yang beroperasi dibawah pengawasan beacukai dan menghasilkan pakaian berkualitas tinggi.
PT. Young Won Indonesia adalah perusahaan manufaktur kain dan garmen yang mengekspor pakaian renang, legging, jaket dan celana serta potongan tekstil ke pasar global.


2.2. Visi dan Misi PT. Young Won Indonesia
Visi PT. Young Won Indonesia adalah menjadi perusahaan tekstil terbesar di Indonesia dan mampu bersaing di pasar global.
Misi PT. Young Won Indonesia adalah untuk memberikan kepuasan dan pertumbuhan berkelanjutan kepada mitra dan karyawan kita untuk mengejar kebahagiaan manusia melalui tekstil. Untuk tujuan, PT. Young Won Indonesia tidak menyisihkan upaya untuk mengikuti tren pasar, mengembangkan produk baru dan menghasilkan produk dengan kualitas terbaik dengan biaya paling efektif adalah misi kami.
Pesan Utama PT. Young Won Indonesia kepada pelanggan adalah "Wear the nature!". Anda dapat menemukan kemitraan yang baik serta banyak produk dan layanan yang baik di PT. Young Won Indonesia


2.3. Struktur Organisasi PT. Young Won Indonesia

Head Team PT. Young Won Indonesia
1. Lee Won Taek as President Director
2. Choi Chel Woo as General Manajer
3. Kwan Jin Suk as Factory Director
4. Trisna Komara as Exim
5. Laela Sari as Exim
6. Darsono as Exim
7. HM. Dedi Mulyadi as Exim
8. Kadirun as Marchandiser
9. Suryadi Wibowo as Marchandiser
10. Ryu as Marchandiser

2.4. Jenis Produk Yang Dihasilkan PT. Young Won Indonesia
PT. Young Won Indonesia adalah perusahaan manufaktur kain dan garmen yang mengekspor pakaian renang, legging, jaket dan celana serta potongan tekstil ke pasar global. Dengan persentase komoditi yang diproduksi adalah:
1. Swim Wear 70%
2. Athletic, yoga, bra, and pants 10%
3. Knit Wear Jacket and Pants 20%

2.5. Kelebihan dan kekurangan PT. Young Won Indonesia
Kelebihan dari PT. Young Won Indonesia adalah menghidupkan kegiatan ekspor di Indonesia dengan aktivitasnya yang memasok hasil produksinya ke pasar global, membuka lapangan kerja yang cukup besar di sekitar pabrik, kualitas dari hasil produksi PT. Young Won Indonesia berstandar internasional jadi dapat diterima pasar global
Kekurangan dari PT. Young Won Indonesia adalah tidak melirik pasar nasional walau mempunyai kelebihan dari sisi kualitas hasil produksi, lebih fokus untuk memasarkan produk ke Amerika Serikat dengan persentase 90%  dan 10% untuk Negara lain
2.6. Bentuk Perusahaan PT. Young Won Indonesia
Bentuk perusahaan dari PT. Young Won IndonesiaPerseroan Terbatas (PT)   dimana PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas yaitu suatu bentuk perusahaan yang dimana modalnya terbagi atas saham-saham, dan tanggung jawab dari para pemegang saham Perseroan Terbatas berdasarkan pada jumlah saham yang dia miliki.
2.7. Analisis kasus PT. Young Won Indonesia
1. Berganti nama
PT. Young Won Indonesia sempat bernama PT Young Machine. Adanya pergantian pemegang kekuasaan sekaligus pengakuisisian dari pemegang saham saat ini membuat perusaahaan ini terdaftar sebagai perusahaan baru dan berganti nama menjadi PT. Young Won Indonesia pada tahun 2013
2. Perusahan menetapkan jam kerja yang ketat
Sebuah berita duka Nde terima sore tadi sepulang kerja. Salah satu kerabat Nde yang bekerja di PT. Young Won tadi sore meninggal dunia di pabrik. PT. Young Won Indonesia adalah sebuah pabrik garmen yang beralamat di Kampung Ciomas RT. 09 / RW 05 Desa Karangmukti Kecamatan Cipeundeuy Subang Jawa Barat, atau sekitar 1 km dari rumah Nde.
Menurut kabar, almarhumah Yuni hari ini tetap masuk kerja meskipun dalam kondisi kurang sehat. Pada pukul 15.00 almarhumah meminta izin kepada atasannya karena demam dan merasa pusing, tetapi katanya tidak diberi ijin meninggalkan pabrik, hal ini diketahui dari pesan singkat yang dikirimkan oleh almarhumah kepada suaminya dan keterangan dari teman kerja almarhumah.
Almarhumah pun melanjutkan pekerjaannya. Sekitar pukul 17.00 almarhumah pingsan dan langsung dilarikan ke RS. Indosehat di Cipeundeuy yang berjarak 4 km dari pabrik, tetapi ternyata almarhumah tidak tertolong. Menurut diagnosa dokter, almarhumah meninggal karena serangan jantung. Almarhumah meninggalkan suami dan seorang putri yang berumur 2 tahun lebih.
Masalah ijin meninggalkan pekerjaan kadangkala merupakan sebuah masalah tersendiri. Setiap perusahaan atau lebih tepatnya atasan mempunyai pandangan yang berbeda-beda, banyak karyawan yang mengeluh karena perusahannya sangat ketat dalam memberikan izin tetapi banyak pula perusahaan yang longgar dalam memberi izin kepada karyawannya.
Pengalaman Nde sewaktu kerja di sebuah perusahaan sparepart otomotif di Cikarang memang memberlakukan peraturan dengan ketat, sangat sulit untuk mendapatkan ijin pulang tanpa alasan yang benar-benar kuat, bahkan sering kejadian dimana seorang operator yang sakit diberikan obat, lalu disuruh istirahat selama 2 jam setelah itu diperintahkan untuk bekerja kembali, hal itu dilakukan demi mengejar target produksi yang tinggi. Karena sering bertemu dengan hal-hal yang bertentangan dengan hati nurani akhirnya Nde memilih mengundurkan diri. Sangat berbeda dengan kondisi tempat kerja Nde sekarang yang lebih mudah dalam mendapatkan ijin meninggalkan kantor.
Perusahaan menerapkan peraturan yang ketat juga bukan tanpa alasan karena masing-masing perusahaan tentu punya pertimbangan sendiri, salah satunya adalah karena adanya karyawan yang “nakal”. Tetapi apapun itu, seharusnya atasan juga harus bersikap bijaksana & peduli dengan kondisi anak buahnya. Orang yang sehat dengan orang yang sakit tentu saja terlihat berbeda.






BAB III
PENUTUP
3.  
3.1. Kesimpulan
PT. Young Won Indonesia adalah perusahaan manufaktur kain dan garmen yang mengekspor pakaian renang, legging, jaket dan celana serta potongan tekstil ke pasar global dan merupakan perusaan dalam negeri yang aktif dalam menyuplai barang ke pasar global. Dengan kekuatan yang dimilik, mereka mampu menciptakan lapangan kerja yang cukup besar namun di sisi lain memiliki kekurangan yang seharusnya mapu di minimalisir oleh PT. Young Won Indonesia
3.2. Daftar Pustaka
https://ndesoedisi.com/2015/01/09/seorang-karyawati-pt-young-won-subang-meninggal-di-pabrik/
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://www.youngwon.co.id/&prev=search
https://www.youngwon.co.id










MAKALAH PENGANTAR BISNIS


“MENGULAS PT. YOUNG WON INDONESIA

DI SUSUN OLEH KELOMPOK 4


ANDHIKA ARUM BUDI ARSYAD(1796142033)             ANDI ANDRIANTI(1796142019)
NUR INRIYANI RUSDI(1796142020)                                RAHMAYANI FITRA(1796142017)
MUHAMMAD RIFQI ANANDA(1796142030)                 MURTIALPIRAH(1796142034)
DEWI RAHMAWATI(1796142038)                                   PRAVITA SARI(1796142041)
NURFATWA INDASARI(1796142042)                           MARYAM(1796142015)

EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2017/2018



Untuk mendapatkan file aslinya klik disini

Komentar